Gema Mahardhika


Seolah tak mau kalah dengan dua negara Asia, China dan India dalam pengembangan misi luar angkasa, Jepang berencana mengirimkan robot buatannya ke bulan.

Rencananya, negeri matahari itu akan memberangkatkan robotnya ke bulan pada tahun 2020. Tak hanya itu, Jepang juga menyatakan akan mengirimkan astronotnya ke bulan sepuluh tahun setelahnya, 2030.

Reuters, Sabtu (7/3/2009) melaporkan, robot dan astronot yang akan dikirimkan itu akan menjalankan misi untuk menyelediki bulan dan mencari tahu tentang materi-materi yang dapat bermanfaat dan digunakan manusia di bulan.

Ambisi Jepang itu, mengikuti India yang telah berhasil mengirimkan misi luar angkasa tanpa awak ke Bulan tahun lalu. Selain itu, China juga berencana mengirimkan astronotnya ke bulan. Tapi China belum mengungkapkan kepastian misi luar angkasa ke bulan tersebut.

"Sejumlah ahli memang prihatin dengan program luar angkasa Jepang yang sangat sedikit, sehingga bisa membuat Jepang menjadi ketinggalan dengan negara lain," ujar seorang pejabat Strategic Headquarters for Space Policy (SHSP).

Saat ini pengembangan misi luar angkasa lebih di dominasi tiga negara, AS, Rusia, dan China. Ketiga negara tersebut, merupakan negara yang telah berhasil mengirimkan manusia ke luar angkasa dengan roket buatan sendiri.

Label: edit post
0 Responses